Persaingan Ketat Platform Mobile

Android adalah platform mobile open source dari Google, open source adalah sebuah program yang menjadi satu paket dengan source kodenya, sedangkan iOS, BlackBerry Z10, Windows Phone 8 adalah platform mobile closed source dari Apple, BlackBerry, Microsoft,. closed source adalah sebuah program yang tidak mempunyai atau tidak menyertakan paket source kodenya, persaingan ketat platform mobile open source vs closed source.

Persaingan ketat platform mobile open source seperti Android yang digunakan oleh banyak vendor, hampir semua seperti HTC, Motorola, Samsung, Sony, dan lainnya bahkan vendor lokal, para vendor mengeluarkan ponsel Android dengan berbagai nilai tambah pada produknya, untuk membedakan dengan smartphone Android dari vendor lainnya, seperti HTC dengan HTC dan body yang solid, Samsung dengan layar super amoled plus dan sederet fitur baru yang menarik pada Samsung Galaxy S4, Sony dengan layar Bravia Engine, Sertifikat PlayStation dan body yang tahan air dan debu seperti pada Sony Xperia Z.

Apple mengembangkan dengan sangat baik platform iOS, bekerja sama dengan banyak pengembang, membuat ekosistem aplikasi dan game terbesar saat ini, dengan kualitas yang sangat baik, dan penjualan Apple produk iOS seperti iPhone dan iPad sangat fantatis.

RIM (sekarang BlackBerry) saat ini sedang terdesak untuk perubahan, terlalu lama mengupdate jajaran produknya menjadi salah satunya penyebabnya, BlackBerry mencoba bangkit mengeluarkan OS BlackBerry 10, dengan 2 varian produknya, BB Z10 dan Q10.

Nokia menggebrak dengan Windows Phone 8, dengan andalan Lumia 920, 820, 720, 620 dan yang termurah 520 dengan spesifikasi gahar namun tetap murah tidak lebih dari 2jt, mampukah Nokia bangkit?
Windows Phone 8 dari Microsoft, telah memperbaharui antar muka uniknya dengan live title yang lebih bervariasi, membangun ekosistem seperti App Store dan Google Play,  persaingan ketat platform mobile akan semakin menarik.

Artikel Terkait:
- Tips Membeli Smartphone Android

Komentar

Posting Komentar