Review ASUS Fonepad 8: Tablet Compact Dengan Komputasi 64 Bit

review asus fonepad 8

Tablet memang masih merupakan perangkat ke dua setelah smartphone. Namun apa jadinya jika kita menggunakan tablet sebagai perangkat utama? Inilah yang coba dijajal ASUS, lewat Fonepad 8 yang memadukan antara fungsi tablet dan smartphone.

Tablet 8 inci ini telah mendukung fitur dual SIM dengan konektivitas 3G, yang mampu melakukan panggilan telepon dan SMS. Tablet yang menjalankan Android 4.4.2 KitKat ini ditenagai prosesor Intel Atom Z3530 64 bit, quad-core 1,33GHz, penyimpanan internal 16GB,dan RAM 2GB. Tanpa panjang lebar lagi, silahkan simak review singkat berikut ini.

Bodi ringkas
Fonepad 8 mengenakan bodi yang terbuat dari plastik berkualitas dengan sentuhan warna cerah pada bagian belakangnya.

Bagian Belakang Asus Fonepad 8


Meskipun material bodi terbuat dari plastik, namun finishing-nya sangat baik, bodi kokoh dan solid. Dan memang di desain oleh ASUS untuk menungkinkan penggunaan satu tangan.

Layar agak reflektif

Layar IPS 8 inci mengenakan resolusi 1280 x 800 yang menyodorkan kerapatan piksel hingga 189 ppi. Sayangnya, lapisan kaca terkesan reflektif sehingga mengganggu tampilan layar di bawah paparan sinar matahari, meski kecerahan layar sudah diatur ke tingkat maksimal.




Tampilan Layar Asus Fonepad 8
Namun, Fonepad 8 akan memanjakan pengguna dengan aplikasi Splendid yang memungkinkan pengguna mengatur sendiri saturasi serta temperatur warna sesuai selera. Secara keseluruhan tampilan layar cukup cemerlang untuk mengakomodasi hiburan, seperti menonton video, melihat foto atau bermain game.

Antarmuka Zen UI yang fresh

Fonepad 8 menjalankan Android 4.4.2 KitKat & menyuguhkan antarmuka Zen UI yang memiliki segudang fitur-fitur menarik.

Bukan hanya itu, pengguna Fonepad 8 juga menerima update firmware secara rutin untuk perbaikan bug serta peningkatan performa. Aplikasi bawaan pun diupdate Asus secara berkala untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Kamera Secukupnya

Fonepad 8 mengusung kamera utama 5 megapiksel dan depan 2 megapiksel dengan teknologi PexelMaster. Sayangnya kamera utama tak dilengkapi dengan LED flash, sehingga tak mampu berbuat banyak pada kondisi cahaya redup atau malam hari. Tapi, fitur-fiturnya cukup lengkap dan dapat menutupi kekurangannya. Terdapat mode pengambilan gambar : Auto, Time rewind, HDR, Panorama, Night, Selfie, Beautitication, Miniature, Depth of field, Smart remove, All smiles, dan GIF animation. Sayangnya, Mode low-light absen pada Fonepad 8.


Antarmuka Kamera Asus Fonepad 8
Bagaimana hasil tangkapan Fonepad 8? Pada outdoor hasilnya cukup detail, namun berbanding terbalik pada indoor, banyak noise yang dihasilkan.

HDR On

Benchmark Antutu Peroleh 34.523 Poin

Kesimpulan

Berbekal prosesor Intel Atom Z3530 64 bit, Quad-core 1.33 GHz, GPU PowerVR Series 6 dan RAM 2GB Fonepad 8 menyodorkan performa cepat, minim jeda & response time gesit.

Layar 8 inci pun merupakan ukuran yang ideal, mengingat tablet 7 inci terasa kekecilan, dan tablet 10 inci terasa kebesaran.

Kelebihan:
  • Prosesor Intel Atom dengan komputasi 64 bitQuad core
  • Output Audio bertenaga

Kekurangan:
  • Layar reflektifKamera standar
  • Tanpa LED flash
  • Tanpa sensor proximity

Parameter Penilaian
  • Desain & Kualitas : 8.4
  • Fitur & Performa : 9.0

Komentar