5 Cara Membuat Artikel Original Untuk Blog

cara-membuat-artikel-original

Sebagai seorang blogger, tentunya kamu sudah tau bahwa konten adalah salah satu faktor terpenting dalam sebuah blog maupun website. Buatlah konten yang berkualitas dan yang lebih penting lagi adalah original. Namun, bagaimana sih cara membuat artikel original untuk blog kita dan tips mencari ide artikel yang originalnya?

Artikel original sendiri adalah tulisan yang dibuat sendiri alias tidak copy paste. Sementara, jangan karena ingin selalu membuat artikel berkualitas itu jadi beban buat kamu.

Artikel original berkualitas bukan berarti konten yang kamu buat itu harus berat dan lengkap. Jika kamu selalu beranggapan seperti itu, ujung-ujungnya kamu jadi malas nulis.

Lebih tepatnya, buatlah konten yang ringan. Apa pun idenya buatlah seringan mungkin dengan gaya bahasa kamu sendiri. Tapi tetap diperhatikan dengan menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar. Nikmati proses menulisnya, maka hasil tulisan kamu akan berbeda dan memiliki nilai jual tersendiri.

Cara Membuat Artikel Original


 1. Cara mencari ide artikel original

cara-membuat-artikel-original-1

Kita ambil contoh; kamu memiliki sebuah blog atau website teknologi. Kamu sudah tau persaingan dalam kategori ini luar biasa sesaknya, tetapi kamu yakin passion kamu disini. Pasalnya jika membuat blog dengan tema lain, mungkin bakal jenuh kalau kamu tidak suka atau kuasai.

Bagaimana cara membuat blog kamu berbeda dengan yang lainnya? Haruskah lebih lengkap, lebih cepat, itu cape terutama jika kamu mengembangkannya sendiri. Solusinya adalah bikin artikel original. Bagaimana cara mencari idenya?

Contoh ada berita; Google memperkenalkan smartphone Pixel. Apa yang ingin buat dengan berita itu?

Jika kamu buat berita perilisan Google Pixel, hampir dipastikan kamu kalah bersaing.

Solusinya coba lah angkat sisi lain, misalnya fitur menarik dari Pixel. Contoh 5 Fitur Pixel Google Pixel yang bikin kamu jijik sama iPhone 7.

Iya, sandingkan dengan smartphone yang lagi tren saat itu juga. Buat judul semenarik mungkin.

Bagaimana, sudah mengerti kan sekarang cara mencari ide artikel original? Nggak perlu jauh-jauh, semua berita bisa kamu buat artikel original.

Berpikirlah out of the box, yakni terbuka dan kreatif. Apapun idenya bakal kamu sulap jadi artikel menarik, ingat sudut yang lain.

2. Cara membuat slug dan judul artikel original


Artikel original tanpa sentuhan SEO? Waduh sayang banget, walaupun SEO itu bukanlah segalanya, tapi penting akan bisa masuk dalam page 1.

Pertama buat slug-nya dulu, saya rekomendasikan cukup 4 huruf. Contoh dalam artikel ini saya buat slugnya adalah "cara-membuat-artikel-original". Itu adalah keyword yang saya incar. Nah usahakan buatlah judul dari pengembangan itu.

Cara nyari keyword untuk slug-nya kamu bisa pakai ubersuggest.

Contoh 5 cara mudah membuat konten artikel original. Atau cara membuat artikel original untuk blog.

Usahakan setiap kata pada slug ada di judul, tapi nggak mutlak. Kalau kamu menemukan judul yang lebih menarik tapi ada satu kata yang tidak masuk dalam slug tidak masalah. Kamu juga bisa sesuikan dengan padanan kata atau persamaan.

3. Cara membuat paragraf pertama artikel original


Bagaimana, sudah paham cara membuat slug dan judul? Tidak mutlak seperti yang saya jelaskan, tapi akan lebih baik jika seperti itu.

Berikut cara membuat artikelnya, disini saya tekankan pentingnya paragraf pertama.

Buatlah paragraf pertama dengan pemikiran kamu sendiri, berkreasilah dan masukkan keyword pada paragraf pertama.

Kalau bisa jangan panjang-panjang, tetapi kalau terpaksa harus panjang biar bisa masukkan keyword. Lakukan saja. Penting agar artikel kamu bisa bersaing di halaman pencarian Google.

4. Cara membuat artikel original


Paragraf pertama memang begitu spesial, setelah itu buatlah paragraf kedua sesuai gaya tulisan kamu. Biasanya kamu seperti apa, lakukan.

Tetapi, kalau bisa jangan lupa untuk meletakkan heading 1, dan jika ada poin-poin gunakan heading 2. Selain lebih mudah di baca, menggunakan heading 1,2, dan 3, membuat artikel kamu bagus di mata Google.

Kayaknya nggak perlu dijelaskan ya, kamu bisa. Contohnya kayak artikel ini.

Oh iya, kata yang kamu buat perkaya dengan padanan kata atau persamaan. Caranya buka aja KBBI, gunakan kata yang tidak umum sesekali tidak apa-apa.

Contohnya, buat = bikin. Dan lainnya kamua olah sendiri ya.

5. Gunakan gambar sendiri


Nah ini yang membedakan kamu dengan yang lain. Gunakalah banner pada setiap artikel kamu dengan ukuran yang sama, misalnya 1200x600 piksel.

Usahakan setiap poin pembahasan, gunakan gambar pendukung. Ukurannya juga lebih baik sama, misalnya 600x400.

Jangan lupa sisipkan alt ya dan nama gambarnya pakai slug yang kamu pakai. Misalnya cara-membuat-artikel-original-1.

Itulah 5 cara membuat konten artikel original berkualitas untuk blog atau website kamu. Semoga artikel ini membantu.

Komentar

Posting Komentar