5 Sistem Operasi Distro Linux Gratis Terbaik Untuk Pengguna Harian

sistem-operasi-distro-linux-gratis-terbaik

Untuk memakai sistem operasi Windows, kita harus merogoh kocek agak dalam. Katakan Windows 10, berarti kita harus membayar sekitar Rp 1,5 jutaan. Ada cara mendapatkannya dengan gratis, yaitu dengan memakai bajakan.

Namun sayangnya, dengan memakai bajakan kita sudah mengabaikan keamanan sistem komputer kita. Karena sudah terbukti, bahkan bajakan sangat rentan virus.

Mengatasi hal ini, banyak orang akhirnya pilih untuk migrasi ke sistem operasi Linux. Namun saya akui, Linux bukan sistem operasi yang mudah. Salah satu alasannya karena varian di lapangan terlalu banyak.

Lalu dari sekian banyaknya varian, mana yang paling cocok untuk kita pakai sehari-hari? Yuk simak lima sistem operasi distro Linux gratis terbaik untuk penggunaan harian berikut...

Sistem Operasi Distro Linux Gratis Terbaik Untuk Pengguna Harian

1.    Ubuntu

Apabila Linux benar-benar merupakan sesuatu yang baru bagi kamu, maka Ubuntu adalah sebuah awal yang sangat tepat. Menurut pandangan saya, bisa dibilang hampir dari 90% orang lebih mengawali belajar Linux dengan Ubuntu.

Distro Linux yang satu ini memang sangat mudah dan praktis, bahkan bisa dibilang nggak kalah dari Windows. Apabila butuh software, tinggal buka market place lalu install dan selesai.

2.    Lubuntu

Setelah Ubuntu, masih ada adiknya yaitu Lubuntu. Namanya mirip, menggambarkan sifat kedua distri Linux ini. Dimana memang Lubuntu sangat mirip dengan Ubuntu.

Hanya saja Lubuntu benar-benar sangat sederhana, sudah begitu ia makan resource kinerja komputer yang sangat kecil. Menjadikan distro Linux ini sangat cocok diinstall pada komputer berspesifikasi rendah atau jadul.

3.    Linux Mint

Pilihan selanjutnya adalah Linux Mint. Bisa dibilang, merupakan kembaran dari Lubuntu. Meski kalau dilihat dari namanya berbeda jauh, tapi secara sifat Linux Mint mirip sekali dengan Lubuntu.

Merupakan sistem operasi yang ringan dengan tampilan sederhana, tetapi memiliki kemampuan powerful selayaknya Ubuntu. Distro yang satu ini, cocok untuk kamu yang sangat ketergantungan dengan Windows. Karena distro ini memiliki Start Menu mirip seperti milik Windows.

4.    Peppermint 

Pilihan berikutnya, yaitu ada Peppermint. Nah kali ini namanya masih mirip dengan LinuxMint. Alasannya, mungkin saya rasa karena sama-sama memiliki Start Menu seperti Windows.

Hanya saja bedanya, distro Linux satu ini bisa dikustom dengan mudah sehingga cocok untuk komputer berspesifikasi tinggi dan rendah. Tapi sayangnya, kalau kamu pakai distro Linux satu ini harus install berbagai macam hal dulu. Pasalnya software bawaan distri ini sangat minim.

5.    Elementary OS

Pada pilihan sistem operasi distro Linux gratis terbaik untuk penggunaan harian terakhir, kamu bisa coba yang namanya Elementary OS. Distro Linux yang satu ini berbeda dengan empat distro sebelum, dimana distro ini memiliki sifat seperti Macintosh.

Tampilannya begitu mirip dengan Macintosh, hanya saja sistem dasarnya tetap sebuah Linux. Cocok bagi kamu yang ingin memiliki sistem operasi dengan tampilan elegan namun harga terjangkau.

Itu dia barusan jajaran pilihan sistem operasi gratis terbaik (distro Linux ) untuk penggunaan harian. Kalau buat saya pribadi, Ubuntu tetap yang terbaik.

Alasan utamanya, yaitu karena begitu banyaknya pengguna Ubuntu ketimbang distri Linux yang lain. Sehingga apabila ada sesuatu yang membingungkan seperti repository dan lain-lain, jauh lebih mudah untuk bertanya.

Bagaimana pendapat kamu sendiri, oke yang mana? Share ya! Terimakasih.

Komentar